Banner

Senin, 03 November 2014

Sejarah Jersey Bola Barcelona

Nama kostum pemain, merchandise, action figure pemain dsb adalah hal yang sangat penting di dunia industri sepakbola saat ini. Dimana setiap klub harus mempunyai dana yang sangat besar untuk membiayai kompetisi dan menggaji para pemain bintangnya. Apalagi kalau terjadi mega transfer yang dilakukan oleh klub tersebut, tentu dana yang dikeluarkan bisa sangat-sangat besar. Adalah menarik kalau ternyata transfer besar juga berbanding lurus dengan income yang diterima oleh klub tersebut, karena penjualan jersey bola dan merchandise pemain yang ditransfer juga akan meningkatkan keuntungan bagi klub yang bersangkutan. Dalam artikel ini saya akan membahas mengenai sejarah jersey bola Barcelona, klub bersejarah yang berkompetisi di negara Spanyol, dimana saat ini Barcelona telah menjadi sebuah klub besar yang dihuni oleh banyaknya talenta luar biasa dari seluruh penjuru dunia.
barcelona home 13~14 mix     barcelona away 13~14 mix
Warna Jersey Azulgrana/Blaugrana

Jersey bola Barcelona ini berarti biru- merah marun sesuai dengan warna jersey bola home yang mereka kenakan selama ini, kata-kata Blaugrana berasal dari bahasa Katalan, sedangkan Azulgrana berasal dari bahasa Spanyol/Kastilla. Mengapa memakai warna biru-merah marun, banyak teori yang menceritakan asal muasal pemilihan warna jersey bola Barcelona ini, akan tetapi tidak ada yang tahu pasti asal-usul sejarah pemilihan warna ini. Salah satunya mengatakan kalau warna ini dipilih sendiri oleh pendiri klub Barcelona yaitu Joan Gamper.  Menurut salah satu sumber mengatakan kalau warna jersey Barcelona ini terinspirasi dari klub Basel dimana Joan Gamper pernah menjadi pemain dari klub dari Swiss tersebut.
barca GK LS 13~14 mix      barca 3rd 2013-14
Apparel Jersey Bola Barcelona
Awal perjalanan sepakbola Industri di dunia dihiasi dengan munculnya banyak produsen penyedia jersey bagi klub-klub, ditandai dengan dipasangnya logo produsen di bagian dada jersey bola klub yang bersangkutan dan jugapatch jersey bola  Pada awalnya klub Barcelona menolak untuk memasang logo produsen/apparel di jersey bola Barcelona. Namun pada tahun 1982 produsen asal kota mereka sendiri yaitu Meyba bisa menjadi sponsor dan produsen bagi jersey bola Barcelona selama 10 tahun. Kerjasama antara Meyba dan Barcelona akhirnya selesai pada tahun 1992 sesaat setelah Barcelona memenangkan trophy liga Champions. Kala itu Luis Nunez menandatangani perjanjian kontrak dengan produsen apparel asal Italia Kappa.
Peralihan apparel jersey bola Barcelona tidak berhenti sampai disitu, pada tahun 1998, Sandro Rosell (yang kala itu menjabat sebagai divisi pemasaran produsen alat olahraga Nike untuk daerah Portugal dan Spanyol) menjalin kerjasama dengan klub Barcelona untuk urusan desain dan produsen jersey bola Barcelona. Sampai sekarang Barcelona masih setia dengan apparel Nike. Seperti hal-nya detail jersey bola Manchester United yang juga menggunakan apparel Nike
barca home ladies 13~14 mix
Sponsor Jersey Bola Barcelona
Sejak berdirinya klub Barcelona di tahun 1899, Jersey bola Barcelona bersih dari pemasangan logo sponsor di dada mereka. Berbeda dengan klub besar lainnya yang mendapat sokongan dana melimpah dari sponsor yang menuntut klub untuk memasang logo sponsor utama merekad di bagian dada jersey bola-nya. Barcelona merupakan salah satu dari sedikit klub bersejarah yang bisa mendapat banyak gelar tetapi bersih dari logo sponsor di jersey bola mereka. Hal ini merupakan kebanggan yang sangat besar  bagi banyak fans klub Catalan tersebut.
Pada tahun 7 September 2006, Joan Laporta sebagai presiden klub Barcelona saat itu menandatangani kesepakatan dengan UNCEF. Sebuah lembaga non profit yang bergerak di bidang kemanusiaan dibawah PBB, berbeda dengan klub lain dimana sponsor memberikan dana untuk klub bersangkutan. Tetapi kerjasama antara Barcelona dan UNICEF ini merupakan amal, dimana Barcelona harus memberikan 0.7% keuntungan klub kepada UNICEF walaupun Barcelona memasang logo mereka di bagian dada jersey bola Barcelona.
Diabawah kepemimpinan presiden baru Barcelona yaitu Sandro Rosell, klub ini menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan dari Qatar yang dinamakan QSI (Qatar Sport Investment) dengan pemasangan logo Qatar Foundation yang dipasang di dada jersey bola Barcelona. Kontrak ini berlangsung selama 5 tahun dengan nilai total kontraknya mencapai 150 juta Euro dan tambahan 5 juta Euro apabila klub menjadi Juara. Tetapi jalinan kerjasama dengan UNICEF tidak berhenti, logo mereka masih terpasang di bagian belakang jersey bola Barcelona dibawah nama pemain.
Perubahan pun terjadi lagi pada tanggal 16 November 2012, pihak Barcelona mengumumkan kalau sponsor di dada klub jersey bola mereka menjadi Qatar Airways, hal ini bisa terjadi karena di klausul kontrak antara klub dengan QSI mengatakan bahwa pada tahun kedua selama kontrak kerjasama logo bisa berubah menjadi salah satu perusahaan dibawah QSI. Hal ini menjadi pukulan berat bagi para fans Barcelona karena merusak tradisi klub dari Catalan tersebut.

Jika kalian ingin membeli jersey dari kami silahkan mengunjungi link ini http://www.freewebstore.org/hashtag-duapuluh/index.aspx?pageid=3040416&clear=1&preview=1

Sumber : http://tojebo.wordpress.com/2014/01/08/sejarah-jersey-bola-barcelona/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar